-->

Tips Belajar yang cocok dengan zaman sekarang




Sebelumnya terimakasih masih mau berkunjung ke blog kecil saya J .Tiap minggu saya sempatkan menulis artikel karena yah..sudah menjadi hobi saya untuk menulis sesuatu begitu saya ingat.
Saat saya sedang ngopi habis pulang kerja kemaren..saya mendengar perbincangan kedua siswa SMA tentang  susahnya ulangannya.Saya jadi teringat masa dimana saya masih sekolah.
Jujur saya dulu SMK tidak kesulitan dalam belajar..ya enjoy saja..tapi alhamdulillah nilai saya tidak pernah jeblok ..heheh.Karena mendengar kedua siswa itulah saya jadi ingin membagi pengalaman saya tentang belajar.

ILMU>MINAT>DASAR TEORI>LATIHAN OPERASI>LATIHAN VARIASI LANJUT>MENGINGAT POLA

1.       Apakah Pintar Harus dengan Belajar?



Jawabannya relatif,Jika kamu belum pernah mengetahui sesuatu dan berkeinginan tahu,bisa,dan menguasainya maka kamu harus tahu dasarnya.Seperti jika kamu ingin berhitung,kamu harus mengerti angka dan tanda operasi.
Tapi ada beberapa manusia yang diberi anugerah yaitu mudah mengerti tentang hal baru.istilahnya “CEPATBELAJAR”..mungkin saya salah satunya :D hehehe..dah skip..orang bertipe ini mudah sekali menguaai ilmu baru.Hal ini karena dia sudah punya Dasar Ilmu yang kuat.Sehingga mudah sekali mengaplikasikannya di Tingkat Ilmu lain
Apakah orang ini tetap belajar?..jika yang kamu tanyakan itu tentang ilmu yang sudah dia kuasai..maka jawabannya tidak!,dia cukup mengingat saja..tapi jika itu Ilmu baru..tentu saja dia belajar!..tapi dia enjoy saja karena sudah tau pola yang cocok untuk dia sendiri

2.       Bagaimana cara mengembangkan minat

Pengambangan minat adalah hal wajib bagi kamu.ya gimana mau bisa aljabar kalo liat angka aja udah pusing.Kamu harus punya motivasi kuat dalam belajar.Jika kamu tidak punya,maka carilah
Misal berfikirlah seperti ini..”JIKA SAYA BISA HAFAL RUMUS PHYTAGORAS MAKA IBU SAYA AKAN BANGGA,DAN MUNGKIN MEMBELIKAN SAYA MOTOR BARU “…wkwkkw..dah kejauhan mah kalo gitu..
Intinya tanamkan dalam hatimu,kamu harus berusaha bisa membanggakan orang tua atau mungkin dirimu sendiri

3.       Pengaruh Orang Tua dan Lingkungan



Orang tua yang terlalu ketat mendidik anaknya akan berakibat sebaliknya..untuk orang tua bacalah ini..
“ANAK ITU JIKA TERLALU KETAT,DIA AKAN BERONTAK.TAPI JIKA TERLALU KENDOR,IA AKAN SEENAKNYA” di Les kan tiap hari..ikut bimbingan..disuruh eksul..dan dirumah disuruh belajar lagi..tiap manusia pasti punya titik jenuh..dan jika ia mencapai itu,akan rontok apa yang kamu tanam sebelumnya.
Kalo di sekolah maksimalkan dalam belajar dan berteman..kalo dirumah usahakan berkumpul bersama keluarga.Keharmonisan bisa membuat seseorang berusaha maksimal dalam sesuatu.Karena dia ingin membanggakan keluarga dan menjaga kehangatan keluarga tetap berlanjut.
Tanyai dirimu..apa butuh Les/Bimbingan luar sekolah?..Jujur dulu saya tidak pernah Les ataupun bimbingan..orang tua saya Cuma mendidik saya dengan kasih sayang dan keagamaan serta tidak menuntut banyak.
Dan didikan semacam itulah yang membuat hati saya tergerak untuk memaksimalkan sekolah saya dan tak lupa bersosialisasi dengan teman.

4.       Media apa yang cocok bagi saya?

Bekal utama yang kita dapat adalah Buku..menurut saya itu sudah cukup untuk teorinya..Jika kamu disekolah,maksimalkan pemahaman kamu..buatlah catatan kecil tentang rumus atau hal sulit yang tidak kamu mengerti
Kalau malu bertanya ke guru,tanyakan ke teman yang lebih tau atau Browsing sekalian.Tapi kalu kamu merasa masih bisa sendiri..coba semaksimalkan mungkin sampai mentok.
Saran saya.”SELESAIKAN URUSAN KAMU DISEKOLAH.BIAR DI RUMAH BISA BERLEHA LEHA”.maksudnya buat pemahaman kamu 100% .yakinkan dirimu bahwa kamu mengerti Teori dan minimal latihan dasarnya yang mungkin muncul di ulangan.
Jika kamu suka browsing,carilah latihan versi lanjutnya.dan mungkin tipe soal yang sering muncul di ulangan.Itu akan sangat membantu pemahamanmu.

5.       Haaahh..Ulangan lagi L

Stop berfikir seperti itu.Ulangan itu berguna untuk mengetahui sampai dimana tingkat pemahamanmu.Buktikan bahwa usahamu selama ini tidak sia-sia.Tapi soal ulangan lebih sulit dari latihan kak!..ya jelas toh..kalo sama kapan kamu berkembangnya..terus gimana jika remidi?..gak usah khawatir ..kamu akan tahu dimana salah kamu..di soal tipe apa saja yang kurang maksimal..ulanglah lagi sampai yakin bisa..TOHH..GURU JUGA BAIK MASIH KASIH NILAI KATROL :”D..bersusah susahlah dulu agar saat pembuktian di UN tidak kaget lagi.

Nah ..panjang2 ngetik tapi tidak dibaca L..gpp deh tak kasih intinya aja..

-          Buat dirimu memiliki minat dan motivasi
-          Pahami Dasar Teori dan Latihan Soal Dasar di Sekolah
-          Kalo dirumah bercengkerama dengan keluarga,meningkatkan MOOD
-          Jika punya waktu selang baca lagi teori dasarnya bisa sambil nonton tv ato HP
-          Latihan Tingkat Lanjut di sekolah dan mengingat pola soal
-          Bersosialisasi dengan teman
-          Jangan takut Remidi J
Sekian artikel dari saya.semoga bermanfaat..SMK BISAAA !!
bukan remidi tentunya :”D

0 Response to "Tips Belajar yang cocok dengan zaman sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel