-->

Pandangan dan cerita dibalik KKSB Papua



Belakangan ini kita sering mendengar berita tentang kelompok bersenjata yang sering meresahkan di papua.Tapi jangan sekali-kali anda menyebut kelompok itu dengan OPM, itu salah besar.Mungkin bagi anda yang mengikuti berita politik, militer dan isu-isu nasional sering melihat pemberitaan ini di Media-media.
Berikut saya membuat sedikit artikel tentang kelompok ini berdasarkan pandangan dan sedikit ilmu saya.Saya tidak berniat menyudutkan pihak manapun,tanpa mencantumkan nama,organisasi maupun pihak lain secara frontal.Namun semoga anda dapat mngambil sisi positifnya saja.

By  : Wima

1.     1. Pemberian nama KKSB(kelompok Kriminal separatis bersenjata)




Pertanyaan yang sering dilontarkan masyarakat..kenapa tidak di namai OPM(Organisasi Papua Merdeka)..? yah,pemerintah memberi nama KKSB bukan tanpa sebab.Kenyataannya, jika kelompok ini dilabeli nama OPM maka otomatis Pemerintah kita sendiri mengakui bahwa Kelompok ini Adalah kelompok ter-organisir yang menginginkan kemerdekaan tanah Papua dari RI yaitu OPM.

Saya menilai pemerintah mengambil langkah cerdas dengan melabeli KKSB..karena dalam hal ini OPM sudah dikatakan tidak ada lagi.dan kita menganggap sudah tidak ada suara sumbing yang menginginkan papua lepas dari NKRI

Penamaan KKSB..merujuk pada kelompok yang bertindak Kriminal dengan memakai senjata..tanpa sadar kita menganggap bahwa kelompok ini cuman penjahat yang mengacaukan situasi di Papua..bukan semacam pejuang kemerdekaan Papua yang notaben nya dielu elukan atas tindakan heroiknya membebaskan daerah yang seolah olah kita yang menjajahnya,yang bisa berpotensi mendapat dukungan dari masyarakat lokal maupun internasional.

2.      2. Kenapa sih dulu ada OPM

Saya akan membahas hal yang terlihat di permukaan dulu..
Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa sejarah mencatat ada banyak pemberontakan dimasa pasca kemerdekaan RI dimulai karena..Kekuasaan,politik,pandangan,Agama, dan hal lainnya.Bahkan masa modern sekalipun seperti GAM dan OPM sendiri.

Untuk OPM..dulu terbentuk karena Kesenjangan Sosial ekonomi yang dirasakan masyarakat di tanah papua.Indonesia Timur seperti dianak tirikan.Berbeda dengan perekonomian tanah Jawa yang mulai menggeliat,dapat dikatakan dengan (mungkin)kiasan ,Dipapua hanya ada BATU.

Tapi apa salahnya dengan batu?..jika batu itu adalah ber ton – ton Emas dan tembaga yang mungkin jika diolah dengan benar bisa memakmurkan seluruh NKRI.dan mungkin tidak ada anak di ujung pulau yang kelaparan lagi.

Jadi begini..Apa saudara kita di Timur kau suruh makan Batu?...tidak!..yang kita butuhkan adalah pembangunan sarana dan prasarana pengolahan SDA yang memadai..jadi kenapa tidak dibangun saja?..dahulu kita masih “bodoh” .bukan karena tidak mampu mengolah sendiri,tapi ada kepentingan besar mendadak yang mengharuskan kita “memberi izin” kepada Freeport tuk mengolahnya..apakah kepentingan itu?..saya tidak ingin melanjutkannya..karena Hal inilah yang membuat beberapa manusia papua menginginkan perubahan..namun jalan yang mereka ambil adalah Pemberontakan.
Dizaman itu..Pimpinan kita Pak Yai GusDur menanggapi ini dengan hati hati.Beliau sejatinya adalah sosok lemah lembut dan penuh toleransi.Beliau tidak langsung “Menggebuk” namun merangkul secara halus.Bahkan Bendera OPM “Bintang Kejora” dibolehkan berkibar asalkan dikibarkan bersama dan masih dibawah Sang Merah Putih.

Pimpinan silih berganti dan Upaya pelunakan dengan memulai modernisasi Papua cukup berhasil.Meski ada beberapa Kegiatan Militer yang mewarnai penaklukan Organisasi ini.Dan Pada Akhirnya Pihak pihak yang berseteru saling berpelukan dan mengikuti Upacara bendera Merah Putih bersama ,menandakan Perlawanan Mereka telah usai.Karena saatnya bersama membangun Tanah Papua lebih makmur lagi.

3.      3. Kenapa Kelompok semacam ini bisa terbentuk(lagi)





Kita bedakan menjadi 2 sebab dulu..Yaitu Internal dan Eksternal.Hal yang kedua mungkin sedang ditutupi keberadaannya oleh pemerintah untuk stabilitas keamanan dan menjaga situasi.

Alasan Internal pertama yang sering digaungkan oleh Corong KKSB lagi lagi adalah masalah Pembangunan di Papua.Memang benar hal itu tak bisa dipungkiri.Dan karena itulah Pimpinan kita mengebut pembangunan sarana dan prasarana di Papua.yang paling terlihat adalah akses jalan utama yang ditujukan tuk memudahkan distribusi barang agar harga bisa terpotong.Penyeragaman harga BBM mulai di maksimalkan. Tak peduli jika BUMN kita merugi.Pangkalan Militer di hebatkan.Alutsista Canggih beserta Pasukan disiagakan..intinya keadilan harus disebarkan.
Meskipun Harus banyak hal yang dikorbankan.Namun Tiap Pimpinan memiliki cara khas sendiri dalam membangun negeri.Meski banyak mulut yang berisik ,namun pimpinan tetap percaya pada pendiriannya.

Alasan Eksternal ,yang terkesan disembunyikan adalah campur tangan pihak luar.dalam hal ini asing yang ingin menciptakan kegaduhan di Bumi Nusantara tercinta ini.
Ada beberapa Teori yang bersliweran di Telinga saya..ingat ! ini hanya teori.belum terbukti kebenarannya..dan mungkin tak akan pernah terbukti.

Upaya pengambil alihan Saham Freeport ke RI mungkin menjadi gangguan bagi beberapa pihak.Sehingga diciptakanlah “Skenario Besar “Untuk memenggal wilayah RI
Sejatinya jika suatu negara baru terbentuk.sangat mudah untuk “diintervensi” dan “dimanfaatkan”sebagai mainan oleh pihak luar.jika itu terjadi siapa yang menyesal,pihak yang memecahkan diri atau yang pihak yang tidak bisa menjaga halaman belakang rumahnya?
Sejak dulu kita punya tetangga nakal yang juga menjadi biang keladi lepasnya TimTim.dan apakah sekarang mereka mengincar Papua?..anda sendiri yang memikirkannya..saat TimTim lepas.bahagialah mereka..minyak disedot..tambang dikeruk.tapi apakah warga TimTim kaya raya?..entah.
Mungkin Pihak luar itu berfikir..”wah.disini mulai habis bos..nih mungkin ke utara dikit dapet banyak deh”.Kalian harus sadar..kita harus sadar.Dari mana KKSB punya senjata sekelas M16 dan AUG..apakah dari rampasan TNI saja?..darimana mereka mendapat dana dan logistik..apakah mereka dilatih?..tapi oleh siapa?..

Pimpinan dan para petinggi kita pasti tau.namun tak seyogyanya kita berprasangka buruk.yang jelas kita harus bersiap Terbaik untuk kemungkina Terburuk.

4.      4. Bagaimana seharusnya penanganan KKSB

Untuk Perihal semacam ini lebih diutamakan lewat jalan damai dan berkeadilan.Bagi yang bertindak kriminal kita beri hukuman setimpal dengan Hukum yang berlaku.Bukannya lebih cepat kita hajar aja?..jika mau cepat sudah dari dulu kita kirim para penunggang Sukhoi beserta mercon nya..Namun semua pasti berujung pada HAM..ya itulah yang menjadi hambatan utama Militer tuk bergabung.Kelompok ini bagai kerikil kecil yang terselip di Roda Gigi NKRI,kerikil cukup dilepas dengan jari saja,tak perlu dengan Linggis,Palu,maupun Cangkul.

Bagaimana dengan orang orang diluar sana yang mendukung kelompok ini.ya..mayoritas mereka berasal dari tetangga kita yang nakal tadi.mereka bersikap seolah saudara Papua kita di siksa oleh kita sendiri.Mari kita tanggapi dengan benar dan memberi masukan bahwa sebenarnya kita ..Indonesia sangat harmonis orang orang nya.Terus bagaimana dengan orang yang mendukung Penyelesaian dengan Pengerahan Militer besar-besaran?..inilah yang harus dihindari..jika hal nini terjadi maka tercapai sudah tujuan mereka..mereka akan berteriak HAM..dan meminta dukungan dari dunia Internasional..dan apa yang terjadi?.Apa Papua bisa lepas?..semoga tidak..

Karena bagi KKSB, dibalik bayangan sudah disiapkan Hadiah Khusus.dan tak usah dijabarkan lagi.Namun kami masih menganggap KKSB sebagai saudara yang lupa jalan pulang .dan semoga suatu hari lagi ingat pulang ke pangkuan RI dan berani bertanggung jawab atas perbuatannya.Sehingga Kita bisa bersama Membangun Bumi Timur lebih baik lagi.

Semua yang saya tulis adalah pendapat pribadi dan teori saya.Dan tidak merujuk langsung ke Beberapa Pihak.jadikanlah tambahan referensi bagi Kita yang haus akan wawasan.

Wassalam..

0 Response to "Pandangan dan cerita dibalik KKSB Papua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel